Tempting Tumis Cumi Pete Cabe Ijo

15-12-02-14-50-29-152_deco
     Tumis Cumi Pete Cabe Ijo

Sudah lama nggak update cerita serta curahan hati di sini 😛 eh ndilalah siang ini dapat ilham untuk nge-post lagi. Ya tapi kali ini nggak soal album, lagu atau sesi cinta dan ranjang bergetar, melainkan hobi saya yang satu lagi, yaitu MASAK.

Sejak kemarin saya resmi menjadi self-employed alias freelancer alias nggak ngantor 😀 rasanya apa? Senang, deg-degan, excited, bosan, bercampur jadi satu! Deg-degan karena biasanya pas bangun tidur cek HP langsung baca grup WA atau baca email klien, sekarang mah bisa work out kecil-kecilan dulu. Sit up-push up-jogging kurang lebih 45 menit. Setelah itu bikin sarapan bareng pacar.

Kemarin siang saya masak “Tumis Cumi Pete Cabe Ijo” untuk makan siang, setelah itu ya humble-brag lah di semua akun social media saya 😛 banyak yang langsung kepengen, ngiler atau minta resepnya. Itu kenapa sekarang saya nge-blog lagi nih, buat share resep masakan ala saya ini 😀 semoga barokah dan bermanfaat yes!

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

16 ekor cumi asin ukuran sedang (boleh lebih, boleh kurang)

5 siung bawang merah

4 siung bawang putih

3 buah cabai hijau besar

1/4 gula merah

4 buah pete kupas

2 buah wortel ukuran sedang

2 sendok makan minyak goreng

Gula pasir secukupnya

Garam dapur secukupnya

Cara Memasak :

Kupas bawang merah dan bawang putih, lalu iris tipis.

Potong cumi, wortel, cabai hijau dan pete sesuai gaya yang diinginkan 😀

Panaskan wajan lalu tuang minyak goreng, setelah panas, goreng cumi yang sudah dipotong sampai setengah matang, tiriskan. Tumis irisan bawang merah & bawang putih sampai harum.

Setelah tumisan bawang berbau harum, masukkan wortel, cabai hijau dan gula merah, tumis kembali sampai setengah matang. Setelah itu masukkan 2 gelas air putih (gelas ukuran sedang), lalu masukkan cumi yang sudah digoreng sebelumnya aduk sampai merata, berikan garam dan gula secukupnya.

Sebelum angkat cumi yang sebentar lagi matang, masukkan potongan pete, lalu aduk kembali sampai merata, dan cicipi sedikit. Bisa tambahkan bumbu untuk menambah rasa.

Angkat tumisan cumi yang harumnya sudah bercampur dengan pete, lalu hidangkan bersama nasi panas, sambel goreng terasi dan KERUPUK!

Gitu deh tumis pete cabe ijo ala @mpokgaga, salah satu teman baik di Bali yaitu Mz Nicodemus Freddy penggagas (((KASETKULCHA)) sudah mencoba resep ini, dan hasilnya ada di laman Path beliau 😀 selamat mencoba dan hati-hati kolesterol ya gaes!

Published by mpokgaga

A woman born under the Aries zodiac sign, and owner of the flawless most perfect pair of eyebrows in South Jakarta (self-proclaimed, but non-debatable nonetheless).

Leave a comment